Rabu, 28 Mei 2014

Marhaban Ya Ramadhan



Dalam kalender Islam, Ramadhan jatuh pada bulan kesembilan. Penanggalan yang menggunakan perhitungan kemunculan bulan ini (lunar) berbeda lebih pendek 11 hari sama penanggalan matahari (solar) yang berjumlah 30 hari. Tak heran jadinya kalau setiap tahunnya penanggalan lunar ini lebih sulit buat dihitung. Selain bukan umum, penanggalan lunar ini pun terkadang bergantung sama penampakan bulan.

Cara perhitungan penanggalan Islam (hisab) inilah bikin kenapa sering ditemuinya perbedaan start Ramadhan dan perayaan Idul Fitri. Ilmu astronomi punya peran besar membantu penghisaban penanggalan lunar ini. The Islamic Shura Council of North America (ISCNA) yang membadani penghisaban untuk wilayah Amerika Utara, mengadopsi ilmu astronomi sebagai jalan penghitungan datangnya Ramadhan. Dari tahun 1993, perhitungan ISCNA dengan bantuan astronomi sudah membuktikan keakuratannya.

Ulama yang menjadi pemuka agama Islam juga punya cara menunggu penampakan bulan buat meng-hisab kedatangan Ramadhan. Tradisi peng-hisab-an ini sudah dilakukan sejak ilmu astronomi belum berkembang dan jadi penentu kapan mulai dan berakhirnya Ramadhan. Sampai sekarang pun peranan ulama jadi penentu utama. Di Indonesia, badan peng-hisab-an bulan Ramadhan, yang paling menentukan kapan datangnya Ramadhan di Indonesia dipercayakan sama tim hisab dari Departemen Agama yang terdiri dari organisasi-organisasi ke-Islam-an di Indonesia bekerjasama dengan Badan Meteorologi dan Geofisika ( BMG).

Pengamatan dengan melihat langsung munculnya bulan sabit awal Ramadhan, bisa saja terganggu oleh faktor cuaca. Misalkan saja di daerah yang mengalami musim penghujan, pengamatan ini cukup merepotkan karena harus menatap langsung kehadiran bulan sabit Ramadhan. Cuaca berawan dan intensitas hujan bisa saja mengganggu pandangan saat menunggu bulan sabit Ramadhan hadir. Walaupun begitu, pengamatan cara lama ini masih dilakukan oleh beberapa kaum ulama buat mengetahui kedatangan Ramadhan.

Mirip sama kedatangan di awal Ramadhan, berakhirnya bulan suci Ramadhan juga ditandai dengan hadirnya bulan baru syawal yang juga jadi hari besar umat Islam, Idul Fitri. Lama waktu Ramadhan berkisar 29 hari sampai 30 hari. Biarpun masih sering banyak perbedaan penghitungan, kewajiban agama dari rukun Islam ini wajib dijalankan selama sebulan.***
(AY/Berbagai Sumber).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Film Indonesia SUSTER MARIA 1974

>> DOWNLOAD << Atas perintah pimpinan rumah sakit, perawat Maria (Tanty Josepha) mendatangi rumah Ny. Permana (Chitra Dewi). Ma...

Flag Counter