Selasa, 15 April 2014

BERAT DAN ISI : ARCHIMEDES



Sekitar 2000 tahun yang lalu, Raja Syracuse dari Yunani membeli sebuah mahkota emas. Ia diberitahu bahwa mahkota itu terbuat dari emas padat, namun ia ingin memastikannya. Raja meminta kepada orang pandai bernama Archimedes untuk menguji kemurnian emas tanpa harus merusakkannya. Archimedes tiba-tiba menemukan cara bagaimana ia dapat memeriksa mahkota itu ketika ia berada di dalam bak mandi. Ia sangat gembira sehingga waktu berlari terjatuh di jalan. Malangnya ia lupa mengenakan pakaian.

Archimedes mengisi sebuah bejana dengan air. Ia memasukkan mahkota raja ke dalam bejana. Air yang tertumpa dikumpulkan dan ditimbangnya. Ia juga menimbang berat mahkota itu di luar, untuk mengetahui berat mahkota itu dibandingkan di dalam air. Kemudian, ia menimbang sepotong emas murni untuk mengetahui berat mahkota dibandingkan emas murni. Dengan menimbang banyaknya air yang tertumpa, ketika mahkota dimasukkan ke dalam bejana, ia dapat mengatakan bahwa mahkota tersebut terbuat dari emas murni. 
                         
  @ pengetahuan populer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Film Indonesia SUSTER MARIA 1974

>> DOWNLOAD << Atas perintah pimpinan rumah sakit, perawat Maria (Tanty Josepha) mendatangi rumah Ny. Permana (Chitra Dewi). Ma...

Flag Counter