Senin, 12 Mei 2014

Sifat-sifat Air



Air adalah cairan yang unik karena cara molekulnya terikat menjadi satu. Salah satu akibat dari ikatan molekul tersebut adalah kerapatan air yang luar biasa. Kebanyakan zat lain memenuhi tempat yang lebih kecil menjadi lebih pekat, pada saat mendingin. Sebaliknya, air paling pekat pada suhu 40C (39,20F). di bawah suhu tersebut, kepekatannya berkurang. Es pada suhu 00C (320F) lebih renggang dari padaair pada suhu yang sama. Itulah sebabnya es mengapung di permukaan air. Air memerlukan panas yang sangat banyak untuk dapat berubah bentuk menjadi gas, dan dari bentuk padatnya yaitu es menjadi cair. Suhu bumi yang stabil dipertahankan oleh sifat-sifat air tadi. Air juga memiliki ketegangan permukaan yang tinggi yang membantu pembentukan tetes hujan di atmosfer, dan memungkinkannya untuk bergerak meresap ke dalam tanah dan batuan. Air bersifat sebagai pelarut karena dengan mudah dapat melarutkan segala jenis unsur. Kemampuan air untuk melarutkan mempengaruhi pelapukan batuan karena sebagian unsur kimia yang membentuk batuan melarut selama proses pelapukan berlangsung.

Unsur-unsur air
Air terdiri atas dua unsur yaitu oksigen dan hidrogen. Molekul-molekulnya bergabung membentuk molekul air, dengn ikatan khusus disebut ikatan hidrogen. Ikatan ini menyebabkan molekul-molekulnya bergabung bersama sehingga pada suhu kamar air berbentuk tetesan, tidak terapung sebagai gas.

Membuat tetes hujan
Ketegangan permukaan air adalah kemampuan permukaan itu untuk mengerut atau membungkus air sehingga dapat menahan isinya. Air basah yang melengket adalah hasil dari ketegangan permukaan. Kekuatan tarikan permukaan air mempersatukan diri cukup membasahi handuk atau kertas filter ketika dicelupkan ke dalam air.

Padat, cair dan gas


Kebanyakan unsur tersusun teratur ketika membentuk zat padat. Sebagai zat cair, susunan unsur tadi kurang beraturan dan molekul-molekulnya lebih berjauhan. Dengan tambahan panas, jarak antar-unsur makin berjauhan sampai akhirnya molekul-molekulnya sangat tidak teratur dan menjadi gas. Ketika air didinginkan sampai suhu 40C (39,20F) atau air dingin dipanaskan sampai suhu 40C, molekul-molekulnya tergabung dengan cara yang ekonomis sehingga dapat menempati ruang yang lebih kecil. Keadaan ini memberikan air kepekatan paling tinggi pada suhu tersebut.*** (JI)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Film Indonesia SUSTER MARIA 1974

>> DOWNLOAD << Atas perintah pimpinan rumah sakit, perawat Maria (Tanty Josepha) mendatangi rumah Ny. Permana (Chitra Dewi). Ma...

Flag Counter