Sabtu, 24 Mei 2014

AIR SERBA GUNA




Untuk menyediakan air di rumah-rumah sepanjang tahun, tengah sungai dibendung untuk membuat danau buatan yang disebut reservoir (penampung). Pada saat cuaca basah, reservoir menampung dan menyimpan air untuk dipakai di kemudian hari. Di semua negara di seluruh dunia, bendungan juga dipakai untuk menyimpan air yang diperlukan untuk irigasi. Di tempat-tempat yang curah hujannya sedikit, para petani menyalurkan air ke ladang untuk mengairi tanaman mereka. Air sangat berguna untuk segala macam kegiatan di sekitar rumah, seperti mencuci, minum, dan menyirami tanaman. Air limbah dari rumah tangga, dibersihkan di sebuah ladang limbah sebelum dialirkan ke laut. Berapa banyak kegunaan air yang dapat anda pikirkan?

Air adalah salah satu sumber kekuatan. Tahanlah ibu jarimu pada ujung pipa yang di dalamnya dialiri air. Jika ibu jarimu anda singkirkan, air akan memancar keluar.

Gilingan air memakai gaya dari air yang jatuh. Air yang mengalir cepat pada anak sungai tertuang melalui saluran khusus dan jatuh di atas sudut dari roda air yang besar pada sisi gilingan. Saat roda berputar, mesin di dalam gilingan memutar batu-batu besar. Pada masa lampau, gilingan ini dipakai untuk menghancurkan jagung menjadi tepung.

Sekarang ini gaya air terjun digunakan untuk menyediakan listrik. Beberapa bendungan menyimpan air di dalam reservoir yang di tempatkan di gunung-gunung. Pipa besar memancarkan air ke bawah pada pusat listrik tenaga air. Air akan mendorong kisi-kisi turbin yang mirip roda air, dan saat turbin berputar, turbin menggerakkan generator pembangkit listrik.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Film Indonesia SUSTER MARIA 1974

>> DOWNLOAD << Atas perintah pimpinan rumah sakit, perawat Maria (Tanty Josepha) mendatangi rumah Ny. Permana (Chitra Dewi). Ma...

Flag Counter